Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka)

Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka). Buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)  ini, secara biasa dimaksudkan untuk memfasilitasi para guru utamanya di kelas II SD dalam menyediakan pengalaman berguru mudah-mudahan penerima didik bisa mengetahui materi yang dipelajari di sekolah, sanggup dipraktekkan ke penduduk dan lingkungan sekitarnya serta sanggup djadikan selaku sumber belajar.

 

Penyusunan Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ini juga ditujukan untuk mendorong dan menentukan guru dan penerima didik mudah-mudahan mampu: 1)  Memiliki budbahasa mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang  Maha  Esa.  Hal  ini  ditunjukkan  melalui  sikap  mencintai  sesama  manusia  dan lingkungannya serta menghargai kebinekaan untuk merealisasikan keadilan sosial. 2)  Memahami  makna  dan  nilai-nilai  Pancasila,  serta  proses  perumusannya  sebagai dasar negara, persepsi hidup bangsa dan ideologi negara lewat kajian secara kritis terhadap nilai dan kearifan luhur bangsa Indonesia selaku pedoman dan perspektif dalam berinteraksi dengan penduduk global, serta mempraktikkan nilai-nilai  Pancasila  dalam  kehidupan  sehari-hari,  baik  di  sekolah,  rumah, penduduk sekitar, dan dalam konteks yang lebih luas. 3)  Menganalisis secara kritis konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di tengah-tengah penduduk global. 4)  Memahami jati dirinya selaku bab dari bangsa Indonesia yang berbineka, serta bisa bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin dan SARA, serta memiliki sikap toleransi, penghargaan dan cinta hening selaku bab dari jati diri bangsa yang perlu dilestarikan. 5)  Menganalisis secara pandai karakteristik bangsa Indonesia, sejarah kemerdekaan Indonesia, dan kearifan setempat penduduk sekitar, dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dan menjaga keutuhan wilayah NKRI serta berperan aktif dalam kancah global. 6)  Membentuk persepsi, estimasi dan membangun sikap nyata terhadap mata pelajaran PPKn utamanya di kelas II SD sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik sosio-psiko-pedagogis  (sosiologis,  psokologis  dan  pedagogis),  kedudukan  dan fungsinya dalam konteks tata cara pendidikan nasional. 7)  Memberikan pengertian yang utuh dan menyeluruh mengenai karakteristik PPKn selaku landasan membangun pola pikir, pola sikap, dan pola sikap profesional guru PPKn utamanya pada jenjang kelas II SD. 8) Memfasilitasi tumbuhnya kesadaran kolektif dan komunitas (semangat de corps) para guru PPKn SD untuk bikin pembelajaran PPKn utamanya di jenjang kelas II SD dan pengembangan budaya kewarganegaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-kultural siswa. 9) Mengembangkan diri selaku guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam  menyikapi  dan  memecahkan  masalah-masalah  praktis,  kekinian,  terkait  visi  dan misi PPKn di lingkungan satuan pendidikan.

 

Tujuan secara khusus Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ini selaku berikut:

1.  Memberikan pengertian guru PPKn mengenai karakteristik PPKn, capaian alur pembelajaran PPKn tiap tahun, taktik pembelajaran PPKn dan deskripsi PPKn;

2.  Meningkatkan kesanggupan guru PPKn dalam: a)  beradaptasi dengan permintaan PPKn; b)  melaksanakan tata cara pembelajaran dan analisa PPKn secara tepat; c)  mengoptimalkan pemanfaatan media dan sumber berguru PPKn; d)  memelihara dan meningkatkan profesionalitas selaku guru PPKn; e)  membangun administrasi yang mendukung tata cara pembelajaran dan analisa PPKn secara tepat.

3.  Menjadi pola guru PPKn dalam: a)  merancang pembelajaran dari capaian pembelajaran, materi ajar, media, pendekatan, strategi, metode, versi pembelajaran, kesibukan pembelajaran  yang digunakan secara lebih inovatif, kreatif, efektif, eisien dan menggembirakan  sesuai situasi, kondisi, kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya  daerah, sekolah atau satuan pendidikan dan penerima didik; b)  mengembangkan dan mempergunakan sumber berguru yang lebih kreatif, inovatif,  efektif,  eisien,  dan  kontekstual  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  karakteristik  peserta didik serta keadaan sosial budaya daerah; c)  merancang dan menjalankan analisa kompetensi penerima didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh, sistematis dan berkelanjutan sesuai dengan prinsip analisa yang sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka dan menyeluruh.

 

Arah pembelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) yakni pembentuk Proil Pelajar Pancasila. Proil  Pelajar  Pancasila  merupakan  visi  mengenai  karakter  dan  kemampuan  pelajar Indonesia. Proil Pelajar Pancasila dirancang dalam kurikulum menurut konstitusi terkait tujuan, peran, dan fungsi pendidikan nasional. UUD NKRI 1945, Pancasila, tolok ukur lulusan, serta amanat para tokoh pendidikan Indonesia menjadi referensi utama dalam merumuskan Proil Pelajar Pancasila.

 

Proil Pelajar Pancasila memiliki enam unsur atau huruf utama, yaitu: beriman, bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri,  bergotong  royong,  bernalar  kritis,  dan  kreatif. 

Selengkapnya silahkan baca Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

Link download Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum  Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka)