Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka)
Penyusunan Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ini juga ditujukan untuk mendorong dan menentukan guru dan penerima didik mudah-mudahan mampu: 1) Memiliki budbahasa mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini ditunjukkan melalui sikap mencintai sesama manusia dan lingkungannya serta menghargai kebinekaan untuk merealisasikan keadilan sosial. 2) Memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya sebagai dasar negara, persepsi hidup bangsa dan ideologi negara lewat kajian secara kritis terhadap nilai dan kearifan luhur bangsa Indonesia selaku pedoman dan perspektif dalam berinteraksi dengan penduduk global, serta mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, rumah, penduduk sekitar, dan dalam konteks yang lebih luas. 3) Menganalisis secara kritis konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di tengah-tengah penduduk global. 4) Memahami jati dirinya selaku bab dari bangsa Indonesia yang berbineka, serta bisa bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin dan SARA, serta memiliki sikap toleransi, penghargaan dan cinta hening selaku bab dari jati diri bangsa yang perlu dilestarikan. 5) Menganalisis secara pandai karakteristik bangsa Indonesia, sejarah kemerdekaan Indonesia, dan kearifan setempat penduduk sekitar, dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dan menjaga keutuhan wilayah NKRI serta berperan aktif dalam kancah global. 6) Membentuk persepsi, estimasi dan membangun sikap nyata terhadap mata pelajaran PPKn utamanya di kelas II SD sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik sosio-psiko-pedagogis (sosiologis, psokologis dan pedagogis), kedudukan dan fungsinya dalam konteks tata cara pendidikan nasional. 7) Memberikan pengertian yang utuh dan menyeluruh mengenai karakteristik PPKn selaku landasan membangun pola pikir, pola sikap, dan pola sikap profesional guru PPKn utamanya pada jenjang kelas II SD. 8) Memfasilitasi tumbuhnya kesadaran kolektif dan komunitas (semangat de corps) para guru PPKn SD untuk bikin pembelajaran PPKn utamanya di jenjang kelas II SD dan pengembangan budaya kewarganegaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-kultural siswa. 9) Mengembangkan diri selaku guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam menyikapi dan memecahkan masalah-masalah praktis, kekinian, terkait visi dan misi PPKn di lingkungan satuan pendidikan.
Tujuan secara khusus Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) ini selaku berikut:
1. Memberikan pengertian guru PPKn mengenai karakteristik PPKn, capaian alur pembelajaran PPKn tiap tahun, taktik pembelajaran PPKn dan deskripsi PPKn;
2. Meningkatkan kesanggupan guru PPKn dalam: a) beradaptasi dengan permintaan PPKn; b) melaksanakan tata cara pembelajaran dan analisa PPKn secara tepat; c) mengoptimalkan pemanfaatan media dan sumber berguru PPKn; d) memelihara dan meningkatkan profesionalitas selaku guru PPKn; e) membangun administrasi yang mendukung tata cara pembelajaran dan analisa PPKn secara tepat.
3. Menjadi pola guru PPKn dalam: a) merancang pembelajaran dari capaian pembelajaran, materi ajar, media, pendekatan, strategi, metode, versi pembelajaran, kesibukan pembelajaran yang digunakan secara lebih inovatif, kreatif, efektif, eisien dan menggembirakan sesuai situasi, kondisi, kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya daerah, sekolah atau satuan pendidikan dan penerima didik; b) mengembangkan dan mempergunakan sumber berguru yang lebih kreatif, inovatif, efektif, eisien, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta keadaan sosial budaya daerah; c) merancang dan menjalankan analisa kompetensi penerima didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh, sistematis dan berkelanjutan sesuai dengan prinsip analisa yang sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka dan menyeluruh.
Arah pembelajaran Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) yakni pembentuk Proil Pelajar Pancasila. Proil Pelajar Pancasila merupakan visi mengenai karakter dan kemampuan pelajar Indonesia. Proil Pelajar Pancasila dirancang dalam kurikulum menurut konstitusi terkait tujuan, peran, dan fungsi pendidikan nasional. UUD NKRI 1945, Pancasila, tolok ukur lulusan, serta amanat para tokoh pendidikan Indonesia menjadi referensi utama dalam merumuskan Proil Pelajar Pancasila.
Proil Pelajar Pancasila memiliki enam unsur atau huruf utama, yaitu: beriman, bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Selengkapnya silahkan baca Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka) melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini
Link download Buku Guru Pendidikan Pancasila PPKn Kelas 2 SD MI Kurikulum Sekolah Penggerak (Kurikulum Merdeka)